Frequently Asked Questions (FAQ) PPG Pra Jabatan

Assalamualaikum, bapak dan ibu berikut adalah beberapa rangkuman pertanyaan seputar PPG Pra Jabatan yang sering di tanyakan di PPG UNP

Frequently Asked Questions

  1. Min PPG Pra Jabatan 2022 sudah buka belum?

Jawab: Untuk pembukaan, persyaratan dan pendaftaran silakan bapak dan ibu cek berkala pada website berikut, https://ppg.kemdikbud.go.id/ atau https://seleksi.ppg.kemdikbud.go.id/  (untuk tahun 2022 masih belum buka, silakan di pantau terus ya bapak dan ibu.)

  1. Min bagaimana tata cara pendaftaran PPG Pra Jabatan?

Jawab: Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk PPG Pra Jabatan maupun Dalam Jabatan pendaftarannya melalui pusat, jadi kami LPTK hanya sebagai wadah penerima setelah semua sistem administrasi dan seleksi masuk PPG di pusat lulus semua (seleksi berupa (kemungkinan) seleksi administrasi, seleksi akademik, bakat, minat dan kepribadian serta wawancara untuk lebih pastinya silakan di cek pada website PPG pusat bagi pendaftaran tahun 2022).

  1. Min Prodi PPG apa saja yang ada di UNP?

Jawab: Untuk PPG Pra Jabatan tahun 2020 dan 2021 hanya prodi PGSD yang ada, hal ini dikarenakan hanya prodi tersebut yang memenuhi kuota (yang lulus serangkaian seleksi masuk). Untuk membuka prodi yang lain tentunya bapak dan ibu harus memenuhi kuota terlebih dahulu.

FYI, ada 26 prodi di PPG UNP antara lain : Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kimia, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Guru Sekolah Dasar, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Luar Biasa, Biologi, Matematika, Sosiologi, Ekonomi, Teknik Elektronika, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Teknik Bangunan, Pendidikan Anak Usia Dini, Geografi, Fisika, Tata Rias, Seni Drama, Tari dan Musik, Seni Rupa, dan Sejarah.

  1. Min PPG Pra Jabatan ada subsidi tidak min?

Jawab: Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, hanya PPG Dalam Jabatan yang bersubsidi untuk PPG Pra Jabatan yang ada hanya Mandiri (untuk tahun 2022 belum ada kebijakan dari pusat).

  1. Min kalau saya lulus di PPG UNP belajarnya berapa lama? Online atau offline? UKT-nya berapa?

Jawab: Untuk PPG Pra Jabatan tahun 2020 dan 2021 di laksanakan selama 1 tahun (2 semester) dengan uang UKT sebesar 8,5 juta/semester. Untuk pembelajarannya dilaksanakan secara hybrid (online dan offline, untuk 2022 belum ada kebijakan).

  1. Min saya dulu S1 dari murni, bisa ikut PPG?

Jawab: Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya bisa bapak dan ibu.

  1. Min kalau S1 dan PPG saya beda jurusan bolehkah?

Jawab: Sebaiknya linier ya bapak dan ibu.

  1. Min, untuk PPG prajabatan mandiri apakah boleh diikuti oleh guru yang sudah berstatus PNS?

Jawab: Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa yang sudah bekerja / mengajar bisa mengikuti PPG Pra Jabatan, akan tetapi harus melampirkan surat izin dari kepala sekolah untuk mengikuti perkuliahan, dikarenakan Jadwal kuliah PPG Prajabatan fullday (senin-sabtu) seperti mahasiswa S1 pada umumnya.

You may also like...

18 Responses

  1. Vany Wulandari says:

    PPG Prajabatan ini kuliahnya dari jam berapa sampai berapa? Tiap harikah?

  2. Dian says:

    Jadi apakah ada untuk jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia, Min?

  3. dika says:

    izin bertanya min, untuk kuota ppg prajabatan yang akan dibuka nantinya pada tahun ini berapa ya min?

  4. Hafizah says:

    Untuk persyaratan nya apa saja ya min, trus yang fresh graduate bisa daftar ga ? Kalau yang belum honor bisa daftar juga ga ? Terimakasih

  5. Novy Ella Gustila says:

    Utk fresh graduate yg sama sekali belum honor di sekolah bisa min? Kapan pembukaannya min utk biologi?

  6. Novy Ella Gustila says:

    Utk fresh graduate yg belum honor sama sekali dan belum punya nomor UKG bisa mendaftar PPG Prajab min? Utk biologi kapan bukanya ya?

  7. Hendry says:

    Bagi PNS Guru TMT Maret 2019 bisa masuk Prajab atau Daljab ya, Min? Bisa PPG Mandiri kan Min?

    • admin says:

      untuk daljab sekiranya bisa melihat postingan tentang pendaftaran daljab pak disana ada persyratanya, kalau ppg prajab bisa asal ada surat izin kepala sekolah dan memenuhi persyaratan dari pusat (ini nanti diketahui setelah ada pengumuman dari pusat pak)

  8. Siska Prima says:

    saya saat ini sudah mengajar dan ingin mengambil PPG dalam Jabatan. apakah itu akan dikenai biaya sendiri atau biaya dikenakan ke pemerintah min? mohon jawabannya terimakasih

    • admin says:

      untuk ppg dalam jabatan pendaftaranya sudah buka silahkn dicek di postingan terbaru, untuk pembiayaan sejauh ini ppg daljab masih bersubsidi bu, untuk info lebih lanjut silahkan di cek pada website ppg.kemdikbud.go.id ya bu

  9. Monica Seles says:

    Min berarti kalo jurusan nya gak memenuhi kuota, ppg untuk jurusan tsb ditiadakan di unp ya min?

  10. Nadia Khairunnisa says:

    Utk ppg pra jabatan kimia apakah ada tahun ini min

  11. Sientiya says:

    Izin bertanya min, saya lulusan PGMI apakah bisa ikut PPG Prajab PGSD?
    mohon arahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *