LAPOR DIRI PESERTA PPG GURU TERTENTU PILOTING TAHAP I TAHUN 2024 UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Berdasarkan surat dari Kemdikbudristek Ditjen GTK Nomor Manual.414/B2/GT.00.08/2024 tentang Informasi Persiapan dan Pelaksanaan Piloting Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) Tahun 2024 mengumumkan bahwa:

1. Mekanisme Lapor diri dilaksanakan secara online oleh masing-masing LPTK (Terakhir tanggal 8 Agustus 2024).

2. Mengunggah berkas persyaratan lapor diri sebagai berikut.
A. Scan Asli Pakta Integritas (Unduh di SIMPKB)
Ketentuan:
Diisi dan di upload sesuai format yang di download di SIMPKB
Tidak perlu ditambahakna kop surat
Pakta integritas tidak perlu ada tambahan yg lain, kecuali ada kolom untuk penambahannya

B. Scan Asli Biodata Mahasiswa (Format Biodata ada di Surat Edaran, sesuaikan biodata dengan PD-DIKTI)
Ketentuan:
NISN isikan NIS atau NISS (lihat di ijazah SMA)
Jenis tinggal silahkan isikan rumah sendiri, bersama orang tua, kos, mengontrak dll (pilih satu)
Alat trasnsportasi silahkan isikan motor atau mobil (pilih satu)
Mengenai penerima KPS, jika tidak tau apa itu KPS silahkan diisi saja tidak
Jika orang tua sudah meninggal silahkan isikan biodata yang diketahui saja
Tanggal lahir di bawah nama ibu diisikan tanggal lahir peserta PPG

C. Scan Asli/Legalisir Ijazah S1/DIV
Ketentuan:
Scan asli

D. Scan Asli Transkrip Nilai S1/DIV
Ketentuan:
Scan asli

E. Kartu Identitas (KTP & KK)
Ketentuan:
Gabungkan hasil scanan KTP dan KK baru upload ke gform

F. Pas foto berwarna
Ketentuan:
Memiliki dimensi 4×6, berlatar merah, menggunakan blazer hitam, dalaman putih, dasi hitam, untuk perempuan yang memakai jilbab gunakan jilbab hitam dan dimasukkan kedalam baju, berikut contoh pas foto yang benarBerkas foto disimpan dengan nama masing-masing dalam format JPG (maksimal 10 MB) untuk di upload di google formulir

G. Scan Asli Surat Berkelakuan Baik dari Kepolisian
Ketentuan:
Jika belum ada lewatkan saja di gform nanti upload lagi setelah ada
Dari kepolisian setempat yang bisa mengeluarkan SKCK
Jika sudah mengurus dan masih berlaku silahkan gunakan
Jika sudah mengurus dan tidak ada tanggal berlakunya sampai kapan silahkan gunakan
Jika belum mengurus, saat mengurus buat keterangan untuk Peserta PPG Guru Tertentu

H. Scan Asli Surat Keterangan Sehat (dari fasilitas layanan kesehatan)
Ketentuan:
Jika belum ada lewatkan saja di gform nanti upload lagi setelah ada
Dari Puskesmas/RSUD setempat
Jika sudah mengurus dan masih berlaku silahkan gunakan
Jika sudah mengurus dan tidak ada tanggal berlakunya sampai kapan silahkan gunakan
Jika belum mengurus, saat mengurus buat keterangan untuk kuliah PPG

I. Scan Asli Surat Bebas Napza (dari BNN/Kepolisian/Puskesmas/RSUD setempat)
Ketentuan:
Jika belum ada lewatkan saja di gform nanti upload lagi setelah ada
Dari BNN/Kepolisian/Puskesmas/RSUD setempat
Jika sudah mengurus dan masih berlaku silahkan gunakan
Jika sudah mengurus dan tidak ada tanggal berlakunya sampai kapan silahkan gunakan
Jika belum mengurus, saat mengurus buat keterangan untuk kuliah PPG

J. Scan Asli NPWP (bagi yang memiliki)
Ketentuan:
Upload scan NPWP di gform jika ada NPWP
Jika tidak ada abaikan saja

K. Surat Keterangan Disabilitas (Bagi Penyandang Disabilitas)
Ketentuan:
Hanya bagi penyandang disabilitas
Jika tidak penyandang disabilitas abaikan saja

L. Upload KTM Sementara
Ketentuan:
a. Unduh panduan prasireg pada link berikut Klik untuk Unduh Panduan”
b. Cek  NIM dan Password  pada link berikut “Klik untuk NIM dan Password” dengan memasukkan nomor UKG
c. Login ke halaman prasireg pada link berikut “Klik untuk Prasireg” Gunakan Nim dan Password yang sudah di dapatkan di point b. Lakukan langkah langkah sesuai panduan di point a sampai cetak KTM sementara
d. Simpan file KTM Sementara untuk diunggah ke google formulir

 

3. Bergabung Ke Dalam Grub Telegram
Untuk bergabung ke dalam grub telegram silahkan Klik Disini, Setelah bergabung ke dalam grub silahkan untuk memperkenalkan diri dengan nama dan prodi. Bagi yang belum memiliki akun telegram, silahkan dibuat dahulu. Semua informasi nantinya akan kami sampaikan pada grub tersebut dan tidak ada grub lain.

4. Semua Berkas di Upload Melalui Google Formulir
Untuk mengupload berkas silahkan Klik Disini (Berakhir pada tanggal 8 Agustus 2024). Pastikan sudah menekan tombol KIRIM dan sudah menerima email konfirmasi jika jawaban sudah masuk
(semua pengumuman ini sudah jelas dan dimengerti untuk dilakukan, kesalahan yang terjadi dapat diperbaiki di kemudian hari jika di perlukan, formulir ini tidak ada hubungannya dengan kegagalan mengikuti PPG kecuali tidak mengisi)

NB: Apabila terdapat kendala ketika proses lapor diri, silahkan menghubungi via WhatsApp (jam Kerja)

  • Iqbal/ 081261516961
  • Fikri/ 082387350656

Demikian Informasi ini kami sampaikan, Terima kasih.

Ayo Jadi Guru.!
Bersama PPG bergerak memenuhi guru profesional

Info terbaru mengenai PPG Daljab dan Prajab UNP dapat dilihat melalui sosial media PPG UNP Berikut :

Email : ppg@unp.ac.id
IG : @ppgofficial_unp
Youtube : Program Pendidikan Profesi Guru UNP

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *